Daring, Waktunya Kerja Keras Bukan Untuk Malas


Tidak kita sadari bahwa telah berjalan selama hampir 2 tahun pandemi COVID-19. Entah sadar atau tidak waktu berjalan amat sangat cepat di pandemi corona ini. Banyak sekali momen yang terlewat di pandemi Covid-19 ini. Bagi saya seorang siswa yang duduk di bangku SMA, saya merasa banyak momen manis di masa SMA yang hilang. Berawal dari pengumuman libur 2 minggu dan ternyata masih berlanjut hingga sekarang ini. Masih teringat di memori otak saya ketika teringat sambutan bahagia saya bersama teman-teman saya ketika mendengarkan pengumuman tersebut. Jika nanti di masa depan saya ditanya momen manis saat SMA mungkin saya hanya bisa tersenyum. Walaupun masih ada kenangan yang diciptakan saat kelas 1 SMA, akan tetapi kenangan tersebut masih kurang untuk diceritakan dikemudian hari. Seperti yang orang katakan bahwa masa SMA merupakan masa paling indah dalam hidup. Jika ditanya apakah masih libur hingga hari ini tentu saja tidak. Setelah 2 minggu saya libur kami para pelajar SMA mendapatkan pengumuman kembali melalui pesan di whatsapp. Pesan tersebut mengumumkan bahwa kegiatan belajar mengajar akan kembali dilanjutkan. Kegiatan pembelajaran kembali dilaksanakan dengan cara belajar daring atau belajar dari rumah.

Apakah Bosan Belajar Daring?

Jika ditanya apakah belajar di rumah bosan apa tidak tentu saja saya akan menjawab sangat bosan. Masih enak masuk sekolah karena dapat bertemu dengan teman-teman dan tidak lupa juga ketika kita berangkat sekolah pasti akan dapat uang saku. Oh iya, selama pembelajaran daring ini saya menjadi kurang memahami materi yang diberikan oleh guru. Atau mungkin hal ini juga terjadi terhadap siswa lain. Karena banyak saya temui tweet dan komentar di video youtube tentang materi pembelajaran, para pelajar sedikit kurang memahami materi yang diberikan oleh guru. 

Pada masa belajar daring ini penggunaan kuota internet sangatlah besar. Karena kegiatan pembelajaran menggunakan zoom ataupun google meet memakan kuota internet yang tidak sedikit. Belum lagi jika ada materi pelajaran berbentuk video youtube yang mengharuskan kita untuk menonton. Untung saja kemendikbud memberikan bantuan kuota bagi seluruh pelajar, mahasiswa dan guru. Jadi saya tidak mengeluarkan uang lebih untuk membeli paket internet.

Bosan dan malas sudah menjadi kawan setia saya ketika mengikuti kegiatan belajar daring. Mulai dari malas presensi, malas mengikuti zoom, malas mengerjakan tugas hingga bosan saat mengikuti zoom pembelajaran. Bosan dan malas tersebut sangat berpengaruh dinilai ulangan harian saya. Ya, tanpa kalian tebak juga mengetahui bahwa nilai saya dikit demi sedikit menurun. Karena rasa bosan dan malas itu saya tidak menyadari bahwa nilai saya selalu turun. Hingga puncaknya pada kelas 2 SMA saya banyak tidak mengikuti pembelajaran daring, jarang mengumpulkan tugas dan menjadi orang yang pasif di organisasi sekolah.

Merdeka Belajar Secara Daring

Sekarang saya kelas 3 SMA dan sudah merubah kelakuan buruk saya saat kelas 2 SMA. Banyak perubahan yang saya lakukan salah satunya adalah mewujudkan merdeka belajar secara daring. Walaupun Ujian Nasional sudah resmi digantikan dengan Asesmen Nasional pada 2021. Bukan berarti saya berhenti belajar. Saya tetap belajar karena pada pandemi Covid-19 ini para siswa dinyatakan lulus apabila menyelesaikan program pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester, memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik, dan mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan. Dengan hal ini maka kita harus menanamkan semangat merdeka belajar. Maka untuk sama-sama mewujudkan semangat merdeka belajar saya akan memberikan tips mewujudkan merdeka belajar secara daring

Tips Mewujudkan Merdeka Belajar Secara Daring

Mandi Setelah Bangun Tidur


Mandi merupakan salah satu kegiatan manusia untuk mengawali hari. Kenapa harus mandi kan masih ngantuk? Eitss jangan ikuti rasa malas dan kantukmu di pagi hari setelah bangun tidur. Karena faktanya setelah bangun tidur badan kita menjadi segar dan menghilangkan rasa malas serta kantuk. Selain itu mandi juga akan membantu penampilan kalian agar terlihat lebih siap mengikuti zoom. Jadi masih mau gak mandi di pagi hari?

Sarapan


Jangan lupakan kewajiban penting ini di pagi hari. Jika kalian tidak sarapan maka akan menjadi salah satu penghambat saat mengikuti pembelajaran daring. Mengapa bisa menjadi penghambat? Karena kalian tidak akan bisa fokus dengan materi yang diterangkan jika perut kalian belum diisi pada pagi hari. Hal tersebut terbukti kepada saya sendiri. Ketika tidak sarapan dan mengikuti pembelajaran, materi yang diterangkan guru saat zoom hanya masuk telingan kanan dan keluar telingan kiri. Jadi jangan lupa sarapan ya sebelum berkaktivitas.

Tonton Materi Pembelajaran di Youtube


Tips ketiga ini sangat saya rekomendasikan ketika kalian masih belum paham dengan materi yang diajarkan oleh guru kalian. Kegiatan ini sering saya lakukan apalagi ketika tidak memahami materi matematika. Hal tersebut terbukti membantu saya memahami pelajaran matematika. Jadi bagi kalian para pelajar yang masih belum bisa memahami suatu materi pembelajaran kalian bisa melakukan hal tersebut.

Rangkum Materi


Buatlah rangkuman mengenai materi yang diajarkan oleh guru. Tidak ada salahnya bagi kalian untuk mulai mencoba membuat rangkuman materi. Perlu diingat bahwa saat membuat rangkuman catatlah materi yang penting saja. Selain untuk mencatat materi-materi pelajaran yang penting, merangkum bisa juga untuk latihan menulis rapi. Dengan penulisan yang rapi maka akan memudahkan kalian untuk membaca dan mempelajari materi pelajaran yang sudah kalian rangkum.

Kurangi Tidur Larut Malam


Tidur larut malam sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Apalagi bagi para pelajar SMP dan SMA masih mengalami masa pertumbuhan. Selain tidak baik bagi kesehatan, tidur larut malam dapat menyebabkan bangun kesiangan. Apabila kita bangun tidur kesiangan dapat mengakibatkan terlambat mengikuti pembelajaran. Tentu saja menjadi hal yang sangat merugikan.

Jangan Tunda Pengerjaan Tugas


Jangan pernah malas untuk mengerjakan tugas. Kalau kalian malas mengerjakan tugas dapat mengakibatkan penumpukan tugas. Semakin banyak tugas yang kalian tumpuk maka rasa malas kalian juga ikut menumpuk. Belum lagi ketika dikejar-kejar oleh guru agar segera mengumpulkan tugas. Percaya deh jika kalian sekarang masih menumpuk tugas segera kerjakan dan kumpulkan.

Nah itulah tips tips mewujudkan merdeka belajar secara daring.

Kesimpulan

Setelah membaca tips di atas dapat disimpulkan bahwa di era pandemi covid-19 ini kita wajib memperhatikan kesehatan dan disiplin. Kesehatan menjadi kunci penting dalam masa-masa seperi ini. Jangan lupa tetap melaksanakan protokol kesehatan saat sekolah kalian melaksanakan PTM (Pembelajaran Tatap Muka). Tidak lupa juga harapan kita semua agar pandemi segera berakhir dan memulai aktivitas seperti dulu sebelum adanya pandemi. Jangan lupa juga melaksanakan semangat Merdeka Belajar UNPAR.

#LombaBlogUnpar #BlogUnparBelajarDaring

Referensi:
  • https://banjarmasin.tribunnews.com/2021/02/04/ujian-nasional-2021-ditiadakan-kemendikbud-resmi-ganti-un-menjadi-asesmen-nasional
  • Ilustrasi gambar dari Canva
LihatTutupKomentar