MASIGNASUKAv102
2222093056652342763

Tips Memilih Nama Domain Agar Tidak Menyesal

Tips Memilih Nama Domain Agar Tidak Menyesal
Add Comments
Sabtu, 13 Februari 2021
Jika anda baru saja masuk ke dunia website/blogging pasti akan bingung saat mendengar kata domain. Domain merupakan salah satu hal yang penting dalam membuat website/blog selain hosting. Jika anda membeli hosting pasti juga harus membeli domain. Karena hosting itu seperti rumah dan domain itu merupakan alamat rumah. Jadi jika sang tamu ingin melihat dalam rumah kita. Sudah pasti sang tamu harus tahu alamat rumah kita dan saat mereka ingin berkunjung lagi, mereka sudah ingat alamat rumah kita.

Kenapa domain sangat penting dalam pembuatan webiste? Karena dalam beberapa kasus yang pernah saya lihat di grup facebook, forum blogger dan cerita teman-teman blogger. Bahwa blog berdomain TLD lebih cepat terindeks oleh mesin pencarian. Entah benar atau tidak tapi saya juga mengalaminya. Saat saya ngeblog menggunakan subdomain blogspot dan mengindeksnya di Google Search Console. Membutuhkan waktu 2 minggu agar artikel saya ada di mesin pencarian google. Sungguh waktu yang lama. Sampai akhirnya saya mendaftarkan domain dan saya mengindeks blog saya di Google Search Console, membutuhkan waktu paling cepat 10 menit dan paling lama 1 hari agar artikel saya ada di mesin penulusuran google.

Seperti yang saya tulis di atas bahwa domain itu seperti alamat rumah. Jika anda berkunjung ke rumah seseorang pasti kalian mengingat alamat rumah tersebut. Bila ingin berkunjung lagi ke rumah tersebut anda tidak perlu bertanya-tanya di mana alamat rumahnya. Sama juga seperti website, jika anda berkunjung ke suatu blog yang anda rasa berguna. Sudah di pastikan anda akan mengingat nama domain blog tersebut. Pada suatu saat jika membutuhkan informasi kalian sudah ingat domain blog tersebut.

Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan sedikit tips dari saya dalam memilih nama domain agar tidak menyesal setelah membeli domain. Karena jujur saya pernah menyesal dalam membeli domain. Jadi saya harap artikel dari saya ini berguna bagi anda dalam memilih nama domain.

Tips Memilih Nama Domain

Berikut ini adalah beberapa tips memilih nama domain agar tidak menyesal:

Nama Domain Gampang Diingat

Anda pernah bekunjung ke suatu website dan nama domain website yang anda kunjungi rumit, campuran angka dan huruf yang tidak jelas apalagi nama domainnya panjang, sepanjang jalan kenangan. Pasti anda akan kesusahan dalam mengingat nama domain tersebut. Sangat menjengkelkan bukan? 

Sudah dipastikan jika seseorang kesusahan mengingat nama domain, pasti orang tersebut tidak bisa berkunjung ke website yang ia rasa berguna. Bagi kalian para blogger ya sudah pasti akan kehilangan tamu. Jadi pastikan nama domain kalian mudah diingat.

Karena tidak semua orang memiliki daya ingat yang kuat. Rata-rata orang cenderung lebih mudah mengingat kata-kata yang singkat dan tidak rumit.

Nama Domain Gampang Diketik

Ini ada hubungannya dengan yang di atas. Karena jika nama domain gampang diingat sudah pasti nama domain gampang diketik. Untuk itu hindari beberapa kata yang terkesan rumit. 
Contoh saja: cgophsysjag.com 

Bukannya terlihat keren malah terlihat susah dihafalkan diotak kita. 

Hindari juga penggunaan angka dan hypen atau tanda hubung (-) di nama domain karena menurut saya kurang efektif.

Gunakan Nama Brand

Penggunaan nama brand di nama domain mungkin sering anda temui di mesin pencarian. Karena dengan menggunakan nama brand anda di nama domain. Orang akan lebih mudah mencari produk atau layanan yang anda jual di internet. Saya ambil contoh saja indomilk. Jika kalian mencari kata indomilk di pencarian google. Otomatis yang keluar di page one google merupakan situs indomilk yaitu indomilk.com. Tentu saja ini memudahkan bagi para pelanggan yang ingin mengetahui produk baru dari brand tersebut.

Nama Domain Berhubungan Dengan Isi Konten

Nama domain berhubungan dengan konten/niche. Pasti anda pernah berkunjung ke blog yang ber isi konten teknologi. Pasti nama domainnya mengandung tekno atau tech. Begitu juga juga dengan blog berita pasti nama domainnya ada kata berita atau news

Ini menandakan bahwa nama domain anda bisa menjelaskan isi konten website tersebut.

Hindari Penggunaan Kata Jorok Di Nama Domain

Pernah menemukan nama domain website yang menggunakan kata jorok? Saya ambil contoh kata umpatan. Bagi si pemilik website mungkin nama domainnya sangat keren menggunakan kata umpatan. Tapi bagi para pengunjung, belum tentu nama tersebut keren. Nama domain malah terkesan kasar.

Selain itu, hindari juga kata-kata yang mengandung unsur pornografi. Karena bisa jadi si domain akan dihapus oleh penyedia domain.

Hindari juga nama domain yang mengandung kata-kata rasis. Karena domain anda bisa diblok oleh kominfo.

Menyisipkan Keyword Di Nama Domain

Jika anda berniat membuat website jualan. Anda bisa menyisipkan kata kunci pada nama domain yang berhubungan dengan usaha atau bisnis anda. Cara ini terbukti manjur untuk memunculkan website kita di page one. Kenapa bisa mudah page one? Karena sesuai dengan yang ingin kita incar yaitu kata kunci produk atau jasa yang anda jual. Contohnya saja anda menjual makaroni dan anda berdomisili di suatu kota di Indonesia yaitu Pekalongan. Anda bisa memberi nama domain anda "makaronipekalongan.com". Dijamin website anda akan keluar di page one google dengan kata kunci penulusuran "Makaroni Pekalongan".

Tentukan Ekstensi Domain yang Tepat

Banyak ekstensi domain di dunia ini contohnya saja .com, .net, .org, .me. Setiap ektensi domain itu bisa menunjukan isi website tersebut. Contohnya saja .me biasanya untuk webiste pribadi. .org

Jika anda ingin menarget pembaca dari Indonesia. Anda bisa menggunakan ekstensi domain .id.

Itulah beberapa tips memilih nama domain. Semoga tips ini berguna bagi anda.