Tips dan Cara Merawat Rem Cakram Motor

Rem adalah merupakan salah satu komponen motor yang vital di motor. Karena berfungsi untuk menghentikan laju motor. Jadi sangat penting merawat rem motor. Sekarang ini hampir semua motor pabrikan menggunakan rem cakram entah hanya disc brake depan maupun double disk brake yaitu rem cakram depan dan belakang.

Terdapat beberapa keunggulan dari rem cakram ini, selain lebih pakem dari rem tromol juga memiliki daya pelepasan panas yang lebih cepat karena memiliki posisi yang terbuka.

Terkadang ada beberapa masalah yang timbul dan mengganggu kinerja rem cakram ini. Seperti rem tidak pakem atau terlalu pakem dan keras. Oleh karena itu kita sebagai pengguna sepeda motor dianjurkan untuk melakukan perawatan secara rutin untuk komponen pengereman yang satu ini.

Tips Dan Cara Merawat Rem Cakram Motor

Berikut ini tips dan cara merawat rem cakram motor anda:

  1. Perhatikan minyak rem yang terdapat pada tabung kaliper rem, apabila berada dibawah garis lower maka harus segera diisi agar kinerja piston pada master rem dapat mencengkeram cakram dengan pakem. Disarankan juga untuk mengganti minyak rem tiap tahun agar kinerja rem cakram anda lebih maksimal, dan apabila minyak rem tumpah harus dibilas dengan air agar tumpahan minyak rem tersebut tidak merusak cat motor anda.
  2. Lakukan pembersihan apabila rem kurang pakem atau malah keras saat digunakan berarti ada salah satu bagian yang kotor. Karena rem ini bersifat terbuka maka mudah sekali kotor dan mengganggu kinerja pengereman. Yang pertama dilakukan dalah lepas kaliper dari shock breaker dan lepas kabel rem. Bersihkan tiap bagian dengan air dan sabun kemudian keringkan. Lihat kondisi piston apakah masih layak pakai, dan juga perhatikan seal piston. Apabila keduanya terjadi keausan maka dianjurkan untuk diganti agar sistem pengereman berfungsi maksimal. Sekarang cek kaliper anda, perhatikan kaliper yang  biasanya kotor dan rusak. Gantilah komponen tersebut karena fungsinya adalah menekan minyak rem dan selanjutnya menekan piston untuk mencengkeram cakram. Apabila fungsinya tidak maksimal maka pengereman pun tidak pakem.
  3. Lakukan pengecekan pada cakram anda, caranya putar roda anda dan lihat laju cakram anda apakah masih berputar teratur dan tidak meliuk-liuk juga tidak terdengar suara gesekan. Bila cakram anda meliuk-liuk maka perlu dilakukan perbaikan di bengkel langganan anda.

Demikian beberapa tips dan cara merawat rem cakram motor. Lakukan perawatan rem anda secara berkala agar keselamatan berkendara anda terjamin. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

LihatTutupKomentar