MASIGNASUKAv102
2222093056652342763

Perhatikan Ini Sebelum Membeli Helm, Tips Dan Cara Memilih Helm Yang Aman Dan Nyaman

Perhatikan Ini Sebelum Membeli Helm, Tips Dan Cara Memilih Helm Yang Aman Dan Nyaman
Add Comments
Selasa, 05 Januari 2021
Dengan semakin banyaknya perkembangan dunia roda dua di tanah air, menuntut para produsen motor untuk berpacu dalam hal teknologi dan inovasi. Dalam hal ini, sektor mesin yang menjadi ujung tombak persaingan agar produknya dapat bersaing di pasaran dan tentunya memiliki nilai jual. Dengan hadirnya motor-motor dengan performa mesin yang lebih tinggi, apakah para konsumen sudah sadar untuk meningkatkan pula nilai keselamatan?

Salah satu perangkat wajib yang harus digunakan pengendara roda dua adalah helm. Dengan maraknya produk helm yang bersaing di pasaran, mereka berinovasi dengan desain dan corak warna yang menarik. Namun apakah dengan corak dan bentuk yang bagus dapat menjamin keselamatan?tidak juga kan. Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda ingin membeli helm:

Model Helm

Di Indonesia  hanya berlaku dua model helm saja, karena telah disesuaikan dengan aturan safety riding yang berlaku. Yang pertama adalah model Full Face, bentuknya yang menutupi seluruh bagian kepala dari belakang sampai menutupi mulut sampai dagu hanya saja ada bagian depan mata yang terbuat dari kaca bening yang bisa dibuka dan ditutup. Jenis ini dapat melindungi anda secara maksimal dari bagian belakang kepala sampai dagu. Hal ini membuat bagian wajah lebih steril dan memungkinkan untuk digunakan saat berkecepatan tinggi. Model yang kedua adalah half face, jenis ini sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan jenis yang pertama yaitu menutupi kepala dari belakang sampai depan atau wajah. Namun bedanya terletak pada bagian depan wajah yang semuanya berbahan kaca sehingga memberikan perlindungan yang minim pada bagian mulut dan juga dagu. Model yang satu ini cocok untuk berkendara waktu pendek dan juga jarak dekat.

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Helm

Demi keselamatan penggunanya, ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ditinjau dari bagian-bagian dari perangkat ini:

  • Fisik helm, bagian dinding paling luar yang terbuat dari bahan fiberglass dan molded plastic yang berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan benda keras dan juga melindungi tekanan yang berlebihan saat kepala mengalami benturan yang keras.
  • Clotch jersey, yaitu alas kain yang bersentuhan langsung dengan kepala harus dipastikan berbahan lembut dan dingin agar nyaman dipakai. Untuk bagian peredam benturan yang biasanya berbahan stereofoam harus dipastikan memiliki ketebalan minimal 12 mm serta dilapisi pula dengan jersey yang berbahan anti robek.
  • Kaca helm dengan perbandingan 1:1. Yang artinya saat dipakai bidang yang terlihat tidak melebar. Hal ini berpengaruh dengan jarak pandang dari pengguna, dan juga jauh dekatnya objek yang ada di depan dan juga nilai keselamatan. Lebar kaca harus memungkinkan pengguna dapat melihat sisi kiri dan kanan objek pada sudut pandang kurang lebih 250 derajat. Untuk sudut pandang vertikal diantara 45-30 derajat dari bidang utama, yang berguna untuk memantau jalan berliku dan menanjak.
  • Sil kaca, bagian ini harus berfungsi dengan baik sehingga saat kaca ditutup sil dapat mencegah air, debu dan asap untuk  masuk ke dalam. Sil kaca yang berkualitas bagus biasanya terangkai menyeluruh di tiap bagian lis kaca helm.
  • Protektor kaca helm sangat penting agar pandangan pengendara tetap terjaga. Contohnya seperti yang terdapat pada helm merk Nolan yang mengaplikasikan Vision Protection System yang berguna untuk mengurangi sinar ultraviolet sampai dengan 40% dan juga lebih cepat mengusir embun. Ini penting, karena sangat berguna saat anda berpapasan dengan mobil atau kendaraan besar lainnya yang spot litenya sedang menyala.
  • Dimensi kaca juga patut diperhatikan. Harus dipastikan memberikan perlindungan terhadap wajah dan juga mata. Ini berkaitan dengan ukuran helm dan juga ukuran kepala, pastikan selisihnya tidak terlalu banyak. Saat dipakai untuk bergeleng-geleng tidak renggang, serta saat dipakai busa yang menjepit pipi jangan sampai mengurangi kenyamanan.
  • Ventilasi udara harus berfungsi, bukan hanya menjadi hiasan semata. Ventilasi biasa nya terletak di bagian atas kepala dan di bawah kaca, yang dapat berfungsi biasanya terdapat klip untuk membuka dan juga menutup.
  • Sabuk helm harus diperhatikan pula, untuk bagian klip hindarilah yang berbahan mudah berkarat. Sabuknya jangan berbahan yang memiliki elastisitas tinggi, agar nyaman dan tidak membuat tercekik saat dipakai. Lebar dari sabuk idelnya berukuran 20 mm.
  • Titik sabuk helm berguna untuk menjaga letak helm agar berada tetap pada posisi idela sehingga  memberikan kenyamanan dan juga keamanan.
  • Tinggi body helm harus dipastikan berukuran proporsional dan tidak terlalu pendek saat dipakai. Dapat diamati bagian belakang dan bawah helm saat dipakai apakah pada posisi leher penggunanya.

Ukuran Helm

Ukuran helm, berikut ini keliling lingkaran pada bagian dalam helm:

Small (S): sekitar 500mm – 540mm

Medium  (M): sekitar 540mm – 580mm

Large (L): sekitar 580mm – 620mm

Extra Large (XL): lebih dari 620mm

*Sebaiknya hindari helm yang terdapat pen keling yang memungkinkannya bergesekan langsung dengan kepala. Pilihlah yang berlogo SNI.